Kata Sambutan Stakeholder

Rektor Institut Shanti Bhuana

Marianus Dinata Alnija, S.S.,M.Hum.


Saat ini kita berada dalam dunia baru, dunia yang jauh berbeda dibandingkan dengan zaman sebelumnya. Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan pda tanggal 16 Agustus 2019 mengatakan bahwa "Globalisasi terus mengalami pendalaman yang semakin dipermudah oleh revolusi industri jilid ke 4. Persaingan semakin tajam dan perang dagang semakin memanas. Antarnegara berebut investasi, antar negara berebut teknologi, berebut pasar, dan berebut orang-orang pintar. Antarnegara memperebutkan talenta-talenta hebat yang bisa membawa kemajuan bagi negaranya". Singkatnya dunia membutuhkan generasi yang bisa mengolah otak namun juga berbudi pekerti luhur, artinya tidak hanya pintar atau cerdas, namun juga berkarakter, bermoral tinggi, beriman dan berintegritas.


Penanaman karakter untuk melahirkan insan yang berintegritas tidak dapat dilakukan secara digital, namun melalui pendidikan, bukan sekedar pengajaran, sehingga pengajaran harus berjalan seiring dengan pendidikan. Harus kita sadar bahwa kemajuan teknologi dewasa ini tidak bisa mendidik, hanya bisa mengajar.


Kampus Shanti Bhuana sejak awal pendiriannya telah menekankan pentingnya pendidikan yang integral dan menyeluruh. Mengapa demikian? karena kampus Shanti Bhuana ingin menghasilkan Sumber Daya Manusia unggul, beriman mendalam, bermoral tinggi, berhati Indonesia, dan berideologi Pancasila. Kita kita ingin melahirkan Sumber Daya Manausia unggul yang terus belajar bekerja keras, dan berdedikasi. Tidak boleh menyerah pada kelemahan dan keterbatasan yang ada, tetapi kita harus membalik ketidakmungkinan menjadi peluang, kelemahan menjadi kekuatan dan keunggulan, keterbatasan menjadi keberlimpahan, serta mengubah kesulitan menjadi kemampuan. Lulusan mahasiswa/I Shanti Bhuana harus kompetitif dalam profesional, karakter: beriman mendalam, bermoral tinggi, pekerja keras, jujur, kolaboratif dan berakhlak mulia. Inilah dasar bagi kami untuk terus mengembangkan Program Studi Teknologi Informatika serta Program Studi lainnya pada masa yang akan datang.


Deum amare et amatum facere

Wakil Rektor I Institut Shanti Bhuana

Dr. Helena Anggraeni, S.T., M.T.




    Shalom, salam sejahtera bagi kita semua,


    Selamat datang di website resmi Program Studi S1 Teknologi Informasi Institut Shanti Bhuana. Dengan adanya website ini diharapkan mampu memberikan informasi bagi masyarakat mengenai program studi S1 Teknologi Informasi. Kami memiliki dua konsentrasi utama pada prodi TI yaitu:



  1. Jaringan dan IoT
  2. Teknologi Web

  3. Pertama konsentrasi jaringan dan IoT difokuskan pada pengembangan infrastruktur telekomunikasi jaringan internet, sistem hardware software terintegrasi, dan cloud server yang sangat dibutuhkan bagi kemajuan bidang Teknologi Informasi khususnya Kalimantan Barat di era industri 4.0.

    Kedua konsentrasi teknologi web yang difokuskan pada pengembangan sistem informasi baik web based maupun mobile yang menitikberatkan pada pemanfaatan big data untuk sistem bagi industri dan instansi maupun mendukung digitalisasi UMKM di Kalimantan Barat.

    Ketiga konsentrasi ini dilengkapi dengan penerapan Artificial Intelligence yang sedang dikembangkan terus-menerus oleh dosen dan mahasiswa secara berkesinambungan.

    Kurikulum Program Studi S1 Teknologi Informasi dititikberatkan pada implementasi konfigurasi bagi konsentrasi Jaringan dan IoT serta implementasi pengkodean bagi konsentrasi Teknologi Web.


    Selamat bergabung dengan Program Studi Teknologi Informasi Institut Shanti Bhuana.


    "Teknologi Informasi adalah jurusan untuk membuka lapangan pekerjaan yang lebih baik di masa depan"

    Tuhan Yesus Memberkati.

    Ketua Program Studi Teknologi Informasi (TI)

    Azriel Christian Nurcahyo, S.Kom.,M.Kom.