Tentang Teknologi Informasi

Memperhatikan kebutuhan akan pengembangan dan implementasi bidang teknologi di Kalimantan Barat yang masih terbatas terutama pada bidang pengembangan teknologi web pada perangkat lunak, dan juga implementasi jaringan baik telekomunikasi maupun jaringan berbasis IoT, maka Program Studi S1 Teknologi Informasi Institut Shanti Bhuana berupaya untuk turut andil dalam mengatasi kebutuhan tersebut, yakni dengan mencetak lulusan yang mampu mengembangkan wilayah Bengkayang dan sekitarnya di bidang teknologi. Adapun konsentrasi yang hendak dibuka meliputi dua konsentrasi utama, yakni:


Kompetensi lulusan Program Studi Teknologi Informasi meliputi (konsentrasi) utama pada Teknologi Web dan Ilmu Jaringan.


    1. Teknologi Website

      Peminatan Teknologi Website (Desain dan pengembangan Sistem Informasi pada era Big Data dan Artificial Intelligence).

    2. Jaringan Komputer

      Peminatan Jaringan Komputer (Implementasi jaringan telekomunikasi dan IoT sesuai tuntutan jaman industri 4.0).

    Lulusan Teknologi Informasi kedepannya diharapkan mampu memberikan kontribusi di bidang teknologi website sistem informasi lingkup artificial intelligence seperti tertaung dalam Computing Curricula bab Computing Specialization bab 2.4.6 maupun jaringan IoT pada Computing Curricula yang sangat dibutuhkan pada era industri 4.0 terutama di daerah Bengkayang, Kalimantan Barat dimana prospek pengembangan teknologi informasi masih terbuka sangat luas terutama untuk mewujudkan digitalisasi dalam konsep smart city maupun kemajuan UMKM berbasis digital.

    Tugas akhir mahasiswa diharapkan mampu membangun sistem sesuai konsentrasi yang diambil untuk menyelesaikan permasalahan bidang teknologi di masyarakat dan dapat dilakukan analisa sesuai framework Teknologi informasi yang sedang populer maupun berkembang saat ini. Tujuan akhir dari pengajuan Program Studi Teknologi Informasi untuk menghasilkan seorang ahli bidang Teknologi Informasi yang dituntut untuk memiliki pola pikir yang kritis, logis, penyelesaian masalah tidak hanya secara algoritma dan terstruktur namun juga sesuai dengan perkembangan jaman. Sehingga memudahkan lulusan kedepan dalam prospek baik menciptakan lapangan kerja ataupun mencari pekerjaan yang sudah dibekali dengan kemampuan sesuai konsentrasi yaitu teknologi website maupun jaringan dan IoT dimana tuntutan untuk kemampuan coding dan config untuk pemenuhan kebutuhan di masa kini dan mendatang.


    Lulusan Prodi Teknologi Informasi Shanti Bhuana

    Profesi lulusan Prodi S1 Teknologi Informasi Institut Shanti Bhuana dapat dibagi menjadi 19 lulusan secara detail. Lulusan ini merupakan penjabaran lanjut dari profil lulusan sebelumnya, adapun detail lulusan yang hendak dihasilkan dapat dilihat sebagai berikut:


    1. Bidang Network & System Administrator;

    1. Network Engineer : Merencanakan, mengimplementasikan konfigurasi jaringan dan melakukan maintenance pada pembuatan insfrastruktur dan sistem jaringan internet untuk telekomunikasi yang mendukung komunikasi data.
    2. System Administrator : Merencanakan, mengimplementasikan konfigurasi server dan melakukan maintenance untuk mendukung proses troubleshooting, backup, pemasangan web, hingga integrasi teknologi baru seperti halnya IoT yang diintegrasikan pada sistem perangkat server.
    3. Cyber Security Analyst : Melakukan pengujian sistem keamanan pada perangkat lunak maupun perangkat keras yang berhubungan dengan teknologi informasi untuk menemukan celah keamanan atau bug dan upaya-upaya untuk perbaikan atau penanggulangan.
    4. Digital Forensics Eng. : Melakukan analisis dan pengujian untuk investigasi yang berhubungan dengan pencarian jejak digital di bidang mobile, network, malware, social network, hingga manipulasi audio, video dan gambar.

    2. Bidang Pengembang Perangkat Lunak Berbasis Desktop, Web, dan Mobile (Software);

    1. Full Stack Developer : Merencanakan dan mengimplementasikan pembuatan dan pengembangan perangkat lunak meliputi sisi front-end maupun back-end, sisi desain hingga database, server dan client berbasis desktop, web, ataupun mobile application.
    2. Front End Developer : Merencanakan dan mengimplementasikan pembuatan dan pengembangan perangkat lunak dari sisi front-end atau sisi interface yang dilihat oleh penggunanya meliputi tampilan, fungsi, dan komponen website.
    3. Back End Developer : Merencanakan dan mengimplementasikan pembuatan dan pengembangan perangkat lunak dari sisi back-end atau sisi database dan sistem server-client pada website seperti API.
    4. Database Administrator : Merencanakan, mengimplementasikan pengelolaan permodelan data untuk membangun suatu sistem informasi dan melakukan proses maintenance database seperti migrasi database, di era penggunaan big data.
    5. Software Tester : Melakukan pengujian pada project perangkat lunak yang dibangun oleh programmer, serta melakukan analisis fungsi-fungsi dari setiap perangkat lunak yang diujikan.
    6. Website Designer : Melakukan pembuatan desain dan mengintegrasikan komponen-komponen grafis multimedia pada tampilan dan fungsi dari sebuah website baik company profile maupun sistem informasi.
    7. Data Scientist : Merancang, menganalisis data sesuai logika informatika untuk pengambilan keputusan pada suatu instansi atau perusahaan di era penggunaan big data saat ini.
    8. System Analyst : Menjembatani antara konsumen atau pengguna dengan pembuat sistem atau developer untuk mendokumentasikan kebutuhan dan menghasilkan spesifikasi rancangan yang dibutuhkan oleh pengguna sehingga dapat dipahami oleh developer.
    9. Mobile Application Dev : Merancang dan mengimplementasikan produk aplikasi berbasis mobile yang dapat digunakan pada sistem operasi mobile saat ini seperti iOS dan android.

    3. Bidang Game Developer

    1. Game Developer : Merancang dan mengimplementasikan produk berupa game baik berbasis desktop, web, maupun mobile yang sesuai dengan kemajuan artificial intelligence di masa kini.

    4. Bidang Analisis Teknologi Informasi

    1. QA Analyst : Quality assurance analyst melakukan pemeriksaan, monitoring, dan pengkajian dari semua produksi di perusahaan atau instansi menggunakan pemanfaatan teknologi informasi.

    5. Bidang IT Researcher

    1. IT Researcher : Melakukan riset untuk menganalisis, menciptakan, mengolah data, dan menerapkan algoritma atau metode yang berhubungan dengan teknologi untuk pengembangan ilmu rumpun teknologi informasi kedepannya sehingga sesuai dengan kebutuhan jaman terutama di bidang IoT, Big Data, dan Artificial Intelligence.
    2. IT Consultant : Memberikan solusi mengenai masalah yang berhubungan dengan pembuatan perangkat lunak maupun perangkat keras berbasis teknologi informasi.

    6. Bidang Pengembang Konten Digital Kreatif (Digital Creative Contents Developer)

    1. IT Enterpreneur : Menciptakan lapangan kerja atau suatu usaha untuk membangun produk-produk berupa perangkat lunak ataupun sistem berbasis IT yang dapat dijual atau dikomersialkan.
    2. Digital Creative Contents Developer : bekerjasama dengan ahli serumpun ilmu untuk mengembangkan konten digital kreatif.